Daftar Trial

Kursus Les Privat In House Training Bahasa Indonesia untuk Expat/Orang Asing Jakarta Timur

Adanya pemberdayaan dari bahasa Indonesia adalah salah satu upaya dari pemerintah Indonesia dalam mengembangkan bidang kebahasaan di mata Internasional. Dengan adanya peningkatan dalam bidang bahasa, diharapkan bagi para pembelajar asing dapat memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dalam waktu yang singkat dan cepat dari sebelumnya. Hal ini tentu memberikan kesempatan besar bagi kursus les privat in house training bahasa Indonesia untuk expat/orang asing Jakarta Timur dalam menunjukkan eksistensinya di bidang kebahasaan. Jelas saja bahwa sebagian besar penduduk asing yang berada di Indonesia dan ingin mempelajari kemampuan bahasa Indonesia lebih memilih untuk les private bahasa Indonesia dibandingkan belajar melalui bimbingan belajar bahasa Indonesia yang mengharuskan mereka untuk berkendara terlebih dahulu menuju tempat les privat. Kebanyakan dari masyarakat itu tidak ingin bersusah payah dalam memiliki dan mendapatkan sesuatu yang ingin diperoleh. Berdasarkan dari hal tersebutlah maka diberikan saran bagus bagi para pencari guru pengajar bahasa Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa Indonesia melalui les privat bahasa Indonesia. Sebagai salah satu bahasa yang sudah di kenal oleh dunia, bahasa Indonesia juga merupakan bahasa penting yang sudah sepatutnya dipelajari oleh masyarakat luar dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan mereka. Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua yang paling banyak penuturnya di Asia dan merupakan anak dari bahasa Melayu. Memang benar bahasa Indonesia itu awalnya adalah bahasa melayu yang pengucapannya hampir menyerupai bahasa Indonesia modern seperti saat sekarang ini. Akan tetapi kini bahasa Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat dunia dibandingkan dengan bahasa Melayu yang dulu dipakai oleh penduduk Indonesia sebagai alat komunikasi. Oleh sebab itulah pemerintah Indonesia mulai memberdayakan penggunaan bahasa Indonesia dan wajib bagi orang-orang yang tinggal di Indonesia untuk dapat mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan fasih. Belajar bahasa Indonesia itu bukan hal yang sulit jika saja Anda warga asing di Indonesia mempelajarinya dengan penuh kesadaran bahwa bahasa ini adalah bahasa penting dan wajib untuk dipelajari. Dengan adanya kesadaran tersebut tentu akan mendorong Anda untuk belajar lebih giat dan setidaknya belajar bahasa Indonesia dengan mengikuti kursus les privat in house training bahasa Indonesia untuk expat/orang asing Jakarta Timur.

Setiap proses dari belajar dan mengajar memang tidaklah mudah dimana dalam proses nya tentu akan ada kendala yang dihadapi baik itu para peserta didik asing maupun guru pengajar itu sendiri. Akan tetapi, hal itu akan kecil kemungkinan terjadi jika guru maupun murid didik mengikuti proses dari pembelajaran tersebut dengan penuh kepedulian akan bahasa Indonesia. Dalam hal ini, peduli akan bahasa Indonesia dapat dijadikan pedoman bagi guru maupun murid ketika ada kendala yang di hadapi dalam proses belajar dan mengajar. Kendala kecil yang mungkin terjadi diantaranya adalah sulitnya bagi para penduduk asing dalam mengucapkan kata berbahasa Indonesia. Ini jelas saja akan terjadi karena Anda para pembelajar asing tentunya sudah terbiasa dengan bahasa ibu yang sebelumnya Anda pelajari dan kuasai. Dari situ bisa dilihat jauh sekali perbedaannya dimana Anda akan sulit berbicara menggunakan bahasa kedua yang baru saja dipelajari. Hal ini tentu bisa dipahami oleh para guru pengajar bahasa Indonesia. Oleh sebab itulah setiap guru professional dan berpengalaman selalu membuat perencanaan dari pembelajaran bahasa Indonesia sebelum mengajar kursus les privat in house training bahasa Indonesia untuk expat/orang asing Jakarta Timur. Dalam proses pembelajaran pun pastinya guru akan memberikan metode pembelajaran bahasa Indonesia guna memberikan kemudahan bagi para pembelajar asing dalam mempelajari kemampuan bahasa tersebut.

  1. Metode Identifikasi Tema, Kalimat Topik, Kata Kunci

Metode mengidentifikasi tema, kalimat topik, dan kata kunci ini pada prinsipnya sama. Perbe­daannya terletak pada materi yang harus diidentifikasi. Identifikasi tema, untuk sebuah wacana atau cerita. Peserta didik asing akan disuruh menerka tema topik atau judulnya atau kalimat topik, sebuah paragraf. Apabila hal ini belum dapat dilaksanakan, guru dapat melatih pembelajar asing dengan cara memberikan perta­nyaan-pertanyaan yang memancing ke arah pengiden­tifikasian yang tepat. Hal ini juga baik untuk mengem­bangkan diskusi atau kelompok, yang berarti pula memu­puk kerjasama antar pembelajar asing.

  1. Metode Parafrasa

Parafrasa berarti alih bentuk. Dalam pembelajaran bahasa, parafrasa biasanya diwujudkan dalam peng­alihan bentuk dari puisi ke bentuk prosa atau sebalik­nya, yaitu memprosakan puisi. Kadang-kadang sebalik­nya. Guru pengajar mempersiapkan puisi sederhana yang disesuaikan untuk para pembelajar asing. Puisi tersebut dibacakan kepada peserta didik dan pembelajar lainnya menyimak dengan seksama. Pembacaan puisi tersebut hendaknya dengan jeda yang jelas dan intonasi yang tepat. Setelah selesai, pembelajar asing akan disu­ruh menceritakan isi puisi dengan bahasanya sen­diri dalam bentuk prosa.

  1. Metode Merangkum

Merangkum berarti menyingkat atau meringkas bahan simakan. Dengan kata lain menyimpulkan bahan simakan secara singkat dan dengan kata-kata sendiri. Pembelajar asing yang mengikuti kursus les privat in house training bahasa Indonesia untuk expat/orang asing Jakarta Timur mencari intisari bahan yang disimaknya. Bahan yang disimak tersebut sebaiknya wacana pendek dan seder­ha­na, sesuai dengan tingkat kematangan dari para peserta didik tersebut.

  1. Metode Bisik Berantai

Guru pengajar bahasa Indonesia akan membisikkan kalimat kepada seorang peserta didik asing. pembelajar asing tersebut membisikkan kalimat tersebut kepada murid asing ketiga, dan seterusnya, sampai orang asing yang terakhir.

  1. Metode Memperluas Kalimat

Guru pengajar akan mengucapkan kalimat sederhana. Pembelajar asing meni­rukan ucapan guru tersebut. Guru akan mengucapkan kata atau kelom­pok kata dan para peserta didik asing lainnya pun juga akan menirukan ucapan guru. Selan­jutnya pembelajar asing akan disuruh menghubungkan ucapan yang per­tama dan kedua sekaligus, sehingga menjadi sebuah kali­mat yang panjang dalam bahasa Indonesia.

  1. Metode Simak-Terka

Guru akan mempersiapkan deskripsi sesuatu benda tanpa menyebut namanya. Deskripsi tersebut dikomu­ni­kasikan kepada para pembelajar asing, dan mereka akan mendengarkan dan menerka benda apa yang dimaksud oleh guru pengajar tersebut.

  1. Metode simak-ulang ucap

Metode ini biasanya digunakan dalam memper­kenal­kan bunyi bahasa dan cara mengucapkannya. Guru sebagai model membacakannya atau memutar rekaman bunyi bahasa tertentu, seperti fonem, kata, kalimat, kata mutiara, semboyan, puisi pendek dengan intonasi yang jelas dan tepat. Pembelajar asing meniru ucapan guru. Peniruan ini dapat dilakukan secara individual, kelompok atau klasikal.

Itulah beberapa metode pembelajaran bahasa Indonesia yang nantinya akan Anda pelajari sebagai pembelajar asing yang mengikuti proses belajar mengajar bahasa Indonesia. Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengikuti kursus les privat in house training bahasa Indonesia untuk expat/orang asing Jakarta Timur Anda dapat menghubungi kami melalui telephone/SMS/WA ke nomor 089633612364/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

 

Kursus Les Privat In House Training Bahasa Indonesia untuk Expat/Orang Asing Jakarta Timur

Kursus Les Privat In House Training Bahasa Indonesia untuk Expat/Orang Asing Jakarta Timu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca artikel Kursus Les Privat In House Training Bahasa Indonesia untuk Expat/Orang Asing Jakarta Timur ini.

 

Bagi para expatriate yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia gratis via Whatsapp, silahkan bergabung dengan grup online lembaga kami dengan meng-klik link ini http://bit.ly/2tnYwDW

Tunggu apa lagi, ayo segera bergabung sekarang !!!

www.excellentinhousetraining.com

 

By |2017-09-05T14:21:11+07:00September 5th, 2017|les expat, Uncategorized|