The Difference Of Formal and Informal Letters

The Difference Of Formal and Informal Letters

Dunia pendidikan maupun dunia pekerjaan tidak akan pernah terlepas dari keterampilan menulis baik itu menulis resmi (formal) maupun tidak resmi (non-formal). Sedari Anda mengemban pendidikan dasar, tentu Anda sudah diajarkan bagaimana cara menulis yang baik. Dalam dunia pendidikan tinggi, menulis bukan lagi menggunakan bahasa Indonesia melainkan bahasa Inggris. Kenapa demikian? Karena bahasa Inggris saat ini sudah sangat penting digunakan sebagai alat komunikasi antar warga negara asing yang menetap di Indonesia. Tidak hanya itu, banyak literature pendidikan yang saat ini sudah menggunakan bahasa Inggris bahkan para mahasiswa juga diminta untuk membuat tugas akhir berbahasa Inggris.

Nah bagaimana dengan Anda jika hal tersebut terjadi pada Anda tapi kemampuan menulis Anda masih kurang baik? Kebanyakan di dunia kerja, Anda pasti akan selalu merasakan atau berhadapan dengan tugas penulisan laporan, dokumen maupun penulisan surat kepada klien. Mungkin selama ini Anda bingung bagaimana cara membuat surat resmi (formal) dalam bahasa Inggris dan apa saja perbedaan surat resmi dengan surat tidak resmi (informal) sehingga tidak terjadi kesalahan di kemudian hari ketika Anda menulis laporan atau surat untuk perusahaan lain maupun klien.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan resmi dengan tidak resmi? Bahasa yang bagaimana yang perlu digunakan untuk penulisan resmi maupun tidak resmi? Anda mungkin terbiasa dengan kepenulisan tidak resmi dalam bahasa Inggris karena dapat menggunakan kata-kata yang ringan dan dapat dimengerti dalam kehidupan sehari-hari. Tapi Anda tidak mungkin menggunakannya dalam dunia pekerjaan karena semua hal yang berhubungan dengan kepenulisan di dunia kerja adalah hal yang resmi sehingga Anda perlu memperhatikan banyak hal sebagai pertimbangan. Artikel yang berjudul The Difference of Formal and Informal Letters ini akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai perbedaan tulisan resmi dan tidak resmi dalam bahasa Inggris dan apa saja yang harus diperhatikan jika menulis surat atau menghadapi ujian bahasa Inggris tertulis.

The Difference of Formal and Informal Letters

Apa yang termasuk kepenulisan informal dalam hal ini adalah tulisan ringan, misalnya surat yang Anda tulis untuk seorang teman atau keluarga dan ketika kepenulisan formal semisal menulis surat adalah sesuatu yang Anda tuliskan untuk klien, guru, atasan Anda atau rekan kerja dari perusahaan lain. Anda tentu harus menggunakan bahasa yang sopan dan juga resmi untuk menghindari kesalahpahaman dan sebagai tanda menghargai mereka. Ada beberapa perbedaan surat formal dan informal yang mungkin masih sedikit Anda ketahui yaitu:

  • Penulisan bahasa Inggris yang informal menggunakan tanda baca petik (‘’ ‘) seperti contoh don’t, couldn’t, wouldn’t dan sebagainya yang menggunakan tanda petik. Sedangkan dalam penulisan formal, Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan tanda baca atau singkatan seperti itu. Anda hanya perlu menulis do not, could not, would not tanpa menyingkat kata not dalam frasa tersebut.
  • Penulisan informal mengenal istilah-istilah idiomatic atau ungkapan seperti contoh :
  • Oh you know, I’ve been very under the weather lately (Dalam bahasa ini maksudnya adalah saya sedang sakit atau dalam bahasa Inggris I have been very sick)

Jika Anda menulis surat kepada atasan Anda untuk meminta izin atau membuat laporan dan sebagainya, jangan menggunakan ungkapan-ungkapan atau idiomatic karena itu sangat tidak baik untuk penulisan formal. Jadi Annda perlu berhati-hati dalam menggunakan kata-kata.

The Difference of Formal and Informal Letters

  • Penulis informal biasanya menggunakan frasa kerja (phrasal verb) yaitu penggabungan kata kerja dengan preposisi seperti find out, look for, move up, dan lainnya. Ini bisa saja ditulis pada penulisan informal namun tidak untuk penulisan formal karena Anda perlu mencari padanan kata yang tepat tanpa menggunakan phrasal verb contoh find out diubah menjadi discover sehingga terlihat lebih resmi.
  • Tulisan informal biasanya banyak menggunakan kalimat perintah secara langsung yang tidak boleh digunakan dalam tulisan formal. Biasanya tulisan informal akan menggunakan kata-kata seperti send it soon! Atau make is a.s.a.p!. Ungkapan perintah seperti itu tidak bisa digunakan dalam tulisan resmi dan dapat diganti dengan bahasa sopan seperti you may send it at your earliest convenience sehingga akan terasa lebih sopan.

The Difference of Formal and Informal Letters

Dalam penulisan informal atau formal, adalagi perbedaan yang biasanya sering muncul pada tulisan-tulisan tersebut antara lain adalah penggunaan kata keterangan yang sesuai

  • Tulisan informal biasanya akan menulis kata keterangan cara seperti totally, really, very sedang tulisan formal tidak menggunakan istilah-istilah tersebut. Pada tulisan informal biasanya menggunakan kata strongly yang lebih sopan dan sudah mewakili kuatnya suatu surat itu.
  • Pada tulisan informal, Anda akan sering melihat istilah to top it all of, on top of it all yang merupakan kata penghubung. Sedangkan dalam tulisan formal dapat diganti dengan istilah yang lebih sopan yaitu furthermore, moreover.
  • Tulisan informal mengenal akronim atau kata-kata yang disingkat seperti TV, FB dan lainya sedangkan tulisan formal harus menulis kepanjangannya seperti television, facebook.
  • Jangan gunakan kata a lot pada tulisan formal karena itu hanya terdapat pada tulisan informal. Anda hanya perlu menggunakan kata much dan many dalam penulisan formal.
  • Tulisan formal tidak menggunakan bahasa Latin atau dapat dikatakan hanya menggunakan bahasa umum yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan tulisan formal menggunakan beberapa bahasa Latin serta kata-kata yang tidak umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Menulis surat formal memang perlu berhati-hati dalam penggunaan kosakatanya agar terlihat lebih resmi da sopan. Anda perlu melihat beberapa contoh surat resmi jika perbendaharaan kata Anda masih sedikit dalam mengingat kosakata yang tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari cara menulis surat yang tepat dan dengan bahasa Inggris yang lebih sopan sangat penting untuk menunjang kinerja Anda dalam dunia kerja yang sedang Anda geluti. Mulainya berlatih menulis dari sekarang dan biasakan dalam mengingat kosakata-kosakata baru agar Anda menjadi terbiasa dalam menulis surat resmi kepada klien atau atasan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadi penunjang Anda belajar bahasa Inggris. Bagi Anda yang ingin memperdalam bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia kerja dan ingin tahu informasi mengenai program pelatihan atau les privat bahasa Inggris di lembaga kami, dapat menghubungi kami sebagai penyedia jasa guru privat terbaik melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161 atau dapat mengirim email melalui alamat email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

 

The Difference Of Formal and Informal Letters

The Difference Of Formal and Informal Letters

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca artikel The Difference Of Formal and Informal Letters ini .

 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris gratis via Whatsapp, silahkan bergabung dengan grup online lembaga kami dengan meng-klik link ini http://bit.ly/2tOCWM3

Tunggu apa lagi, ayo segera bergabung sekarang !!!

www.excellentinhousetraining.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *