Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Menurut kebanyakan orang Indonesia yang hampir tidak pernah menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya, belajar bahasa Inggris adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Ini karena bahasa Inggris bukan merupakan bahasa yang wajib digunakan di Indonesia. Tidak seperti beberapa negara di Asia seperti India, Singapura, atau Malaysia, yang pemerintahnya mewajibkan bahasa Inggris dalam dunia pendidikan sejak dini, negara kita Indonesia masih belum menerapkan system yang secara keseluruhan menggunakan bahasa Inggris di sekolah. Mungkin hanya sekolah-sekolah bertaraf internasional yang sudah menerapkan hal itu tetapi kebanyakan masih belum maksimal. Sebenarnya bagi para pemula yang memiliki niat dan tekad kuat untuk belajar bahasa Inggris, menguasai bahasa Inggris tidaklah sesulit yang dibayangkan. Pada dasarnya, tiap orang yang ahli berbahasa inggris berawal dari pemula dan bahkan tidak bisa bicara bahasa Inggris sama sekali. Sebagai pemula, kalian jangan  merasa tidak yakin mampu berbahasa Inggris walau saat ini penguasaan terhadap bahasa tersebut masih terbilang nihil, kalian akan merasakan hasil yang maksimal nantinya jika berusaha dan sungguh-sungguh belajar bahasa Inggris. Lalu apa saja yang harus dipelajari oleh seorang pemula? Mari simak beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula ini:

  1. Pelajari Pengucapan (Pronunciation) dalam Bahasa Inggris

Cara pengucapan bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia sangat berbeda. Untuk mereka yang sudah terbiasa bicara bahasa Indonesia dan baru akan memulai belajar bahasa Inggris, sangat disarankan untuk belajar pengucapan (pronunciation) lebih dulu karena tulisan bahasa Inggris sering berbeda jauh dengan pengucapannya. Sering kali terjadi kesalapahaman arti karena pengucapan kata yang kurang tepat atau mengarah pada kata yang lain. Ini tidak boleh dibiarkan terjadi karena dapat menimbulkan hal yang kurang menyenangkan antara penutur jika mereka salah dalam pengucapan. Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang paling utama ini memang tentang cara pengucapan dalam bahasa Inggris. Belajar pengucapan di era canggih saat ini sangat mudah, Anda bisa menemukan banyak media untuk belajar pengucapan kata-kata bahasa Inggris melalui internet. Akan lebih baik pelajari dulu cara mengucapkan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris.

  1. Kumpulkan Banyak Kosakata (Vocabulary)

Untuk dapat menguasai bahasa Inggris, menghafal banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Ini adalah hal yang paling penting, kita tidak akan mampu berbicara bahasa Inggris jika kita tidak tahu kosakata bahasa tersebut. Dalam menghafal kosakata bahasa Inggris, Anda tentu tidak secepat kilat mengingat seluruh isi kamus bahasa Inggris. Buatlah target untuk menghafal kosakata baru dalam bahasa Inggris misalnya mengingat 5 atau lebih kosakata dalam satu hari. Buatlah kamus pribadi untuk menyimpan kosakata yang sudah kita ingat itu dan lakukan pengulangan selama satu hari itu. Anda akan terbiasa dengan kata tersebut jika rajin menghafalnya. Jangan memaksakan untuk mengingat banyak kosakata dalam satu hari, untuk seorang pemula lebih baik mengumpulkan kosakata yang mudah dan maksimalkan jumlah hafalan kata setiap harinya. Bayangkan berapa banyak kata yang akan kita ingat jika setiap hari terus menghafal kata baru.

  1. Mulailah membiasakan diri dengan bahasa Inggris

Kata bijak bisa ala biasa adalah moto yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Seseorang yang biasa dihadapkan dengan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya akan mampu menguasai bahasa itu tanpa mengalami kesulitan. Mari mulai membiasakan diri dengan bahasa Inggris setiap harinya. Eits, ini bukan menghilangkan bahasa nasional kita ya, tapi hanya untuk melatih bahasa Inggris sebagai bahasa kedua kita. Banyak cara untuk membiasakan diri dengan bahasa Inggris seperti terbiasa membaca buku berbahasa Inggris, walau tidak mengerti, ini akan membantu untuk menemukan kosakata baru. Selain itu, seringlah mendengar percakapan atau lagu bahasa Inggris karena ini akan melatih pendengaran kita terhadap kata dan juga melatih pengucapan bahasa Inggris. Cobalah menulis dengan kata-kata bahasa Inggris walau mungkin salah dalam pola kalimat. Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula ini adalah langkah awal para pemula untuk mengenal bahasa Inggris.

  1. Hilangkan rasa tidak percaya diri

Tumbuhkan rasa percaya diri kita, karena modal utama komunikasi adalah rasa percaya diri untuk mengatakan sesuatu pada orang lain. Penghalang terbesar seseorang dalam belajar bahasa inggris adalah malu untuk belajar dan mengaplikasikan bahasa Inggris mereka kepada orang lain. Mereka malu karena takut salah, takut ditertawakan oleh teman atau takut tidak ada yang menanggapi. Untuk mendapat hasil belajar yang memuaskan, mari hilangkan rasa malu, takut dan kurang percaya diri itu jauh-jauh karena itu akan menghambat kemajuan kita dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Berani untuk bicara bahasa inggris, bertanya, dan belajar, adalah kunci awal untuk mahir berbahasa inggris.

Itulah sekilas Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula untuk pemula yang akan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk beljaar bahasa Inggris yang tepat. Jangan pernah berhenti belajar dan mencoba untuk mahir bahasa Inggris, dan teruslah berlatih karena dengan latihan kita akan mampu bicara bahasa Inggris. Jika Anda merasa membutuhkan informasi tentang cara belajar bahasa Inggris dan membutuhkan guru untuk belajar, Anda dapat menghubungi kami melalui email lesprivatjakarta@gmail.com atau hubungi kami melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466. (SM)

www.excellentinhousetraining.com

expat 3

Terimakasih telah membaca artikel tentang Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula ini.

Post by excellent

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan les bahasa inggris untuk karyawan, hubungi Kami sekarang, Excellent in House Training, Alamat: Jl. Albezia VI blok B No. 22 Cipinang Kebembem Jaktim, Mobile phone: 087885296161, Email: excellentjaktim@gmail.com

Comments are closed.