Kiat-Kiat Sukses Menjadi Guru Ideal dan Inovatif

Mar 17, 2017

excellent

blog

0

Kiat-Kiat Sukses Menjadi Guru Ideal dan Inovatif

Setiap proses pembelajaran yang dilakukan antara guru dengan murid, pastinya semua murid selalu menginginkan guru yang ideal dan inovatif dalam memberikan pengajaran kepada mereka. Guru yang ideal disni maksudnya adalah seorang guru yang bisa dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan muridnya. Seorang guru menjadi idaman para murid jika guru mampu dan memahami bagaimana caranya harus menghadapi murid yang berbeda-beda tingkah laku dan kemampuan yang mereka miliki. Ada banyak sekali metode pembelajaran yang bisa diterapkan oleh seorang guru, namun metode tersebut juga harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki murid saat ini. Pengaplikasian metode belajar mesti dipersiapkan guru sebelum berjalannya proses pembelajaran. Guru yang ideal dan inovatif tentu memahami bagaimana seharusnya mereka mencekoki murid dengan berbagai macam materi belajar. Tentu sebelumnya guru harus menganalisa murid yang bagaimana dan seperti apa nantinya yang mereka didik. Untuk itulah diperlukan adanya kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif yang harus dipelajari guru tentang bagaimana seharusnya perlakuan guru terhadap murid yang tingkat kecerdasannya berbeda-beda. Setiap proses pembelajaran, tentu guru harus bisa memimpin dan menguasai berjalannya proses belajar mengajar. Baik itu tentang materi yang akan diajarkan kepada murid, kondisi ruang belajar dimana guru yang akan menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran, maupun metode pembelajaran yang harus dipersiapkan guru terlebih dahulu. Adapun dalam pelaksanaan belajar mengajar, guru yang inovatif pastinya memiliki bermacam-macam gagasan baru yang akan menyempurnakan berjalannya proses kegiatan belajar mengajar, dimana gurulah yang mampu menuntun murid untuk sukses mencapai tujuan dari mengikuti pembelajaran tersebut.

Semua guru pasti menginginkan untuk bisa lebih disukai dan di idolakan oleh muridnya. Menjaga wibawa dan penampilan adalah hal yang utama bagi guru yang ideal dan inovatif. Penjelasan kali ini, penulis akan menyajikan beberapa kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif  yang bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk pembaca guna menyempurnakan ilmu pengetahuan mereka terhadap cara mengajar yang baik dan professional. Meskipun dalam penerapannya akan terasa lebih sulit dibandingkan hanya membaca dan menerkanya saja, jangan biarkan sifat malas dan kebiasaan buruk selalu ada pada diri Anda. Lakukan perubahan mulai dari sekarang juga jika Anda ingin tampil lebih sempurna dihadapan para murid dan di sukai oleh mereka. Berikut akan penulis tampilkan beberapa kiat-kiat menjadi guru ideal dan inovatif.

  1. Memahami Bahan Mengajar Sepenuhnya

 

Guru merupakan sosok yang menjadi pedoman para murid dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang mereka impikan. Guru adalah orang yang menjadikan seseorang yang tidak tahu menjadi lebih tahu, bahkan menjadi ahli dalam bidang yang mereka tekuni. Lalu apa jadinya jika seorang guru tidak memiliki kemampuan dalam memahami bahan ajar yang akan diberikan kepada murid? Mungkin hal itu sangatlah memilukan, karena profesi seorang guru adalah mengajar dan mendidik. Seorang guru haruslah mengerti dan memahami sepenuhnya bahan ajar yang akan disalurkan kepada muridnya. Guru pada hakikatnya dituntut untuk mampu menguasai pelajaran yang akan mereka berikan kepada murid sepenuhnya. Dengan memahami bahan mengajar sepenuhnya, tentunya guru memiliki kepercayaan diri untuk menguasai keadaan dan memimpin jalannya proses pembelajaran. Murid menginginkan guru yang serba tahu akan pelajaran yang mereka ikuti. Jadi kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif  yang paling utama dan penting adalah Anda harus memahami bahan mengajar sepenuhnya.

 

  1. Peka Terhadap Keadaan

Untuk bisa melakukan pendekatan secara psikologis kepada murid, penting sekali bagi guru untuk peka terhadap keadaan disekitarnya. Anda harus memiliki rasa peka terhadap apapun jika ingin memenuhi idealis seorang guru. Mungkin Anda pernah mengalami pengalaman dimana murid yang Anda didik masuk kedalam ruang belajar dengan wajah yang murung tanpa ekspresi. Jika Anda peka terhadap keadaan, mungkin Anda bisa melihat ekspresi murung dari murid tersebut dan langsung menghampirinya untuk menanyakan apa yang sudah dialami murid tersebut sebelum sampai ke tempat belajar, atau masalah apa yang sedang dihadapi murid tersebut. Melakukan pendekatan kepada murid memang sangat sulit, diperlukan kerja keras agar murid tersebut mau berbagi cerita dengan guru. Akan tetapi, ketika Anda telah melakukan pendekatan secara psikologis kepada murid secara bertahap mereka akan berbagi cerita tentang kehidupan dan kendala yang mereka alami.

  1. Menyatukan Teori dan Praktek dalam belajar

 

Mungkin kebanyakan guru beranggapan bahwa cara belajar yang baik adalah melakukan teori dulu kemudian menunggu murid paham akan teori tersebut baru akan dilakukan prakteknya. Padahal ada cara yang lebih praktis dan memungkinkan murid lebih mudah memahaminya, yaitu dengan cara menyatukan teori dan praktek secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif ini sangat bagus untuk diterapkan oleh guru agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Anda akan langsung memberikan teori dan praktek pada materi yang diajarkan untuk murid. Maksudnya adalah dalam memberikan teorinya, Anda langsung mempraktekan teori tersebut agar murid bisa lebih memahami apa maksud dari teori tersebut. Kebanyakan murid lebih menyukai praktek daripada teori. Karena dalam praktek, murid langsung turut serta untuk bisa lebih memahaminya. Namun jika teori saja, murid hanya mendengarkan dan mencoba untuk memahaminya.

  1. Memahami Kondisi Murid

Guru harus bisa memahami kondisi murid, karena murid memiliki perbedaan kemampuan belajar. Jangan pernah memaksa dan menekan murid untuk terus belajar dan harus bisa mengerti apa yang dijelaskan oleh guru. Sebagai guru, Anda tidak harus memerintah dan menekan murid untuk mengerjakan setiap soal sulit yang diberikan, namun arahkan murid untuk bisa mengerjakan soal yang sulit tersebut dengan memberikan gambaran dari soal yang diberikan. Arahkan murid untuk merenungkan dari gambaran soal yang diberikan untuk mendapatkan jawabannya. Jangan asal-asalan menyuruh murid untuk bisa menjawab soal tersebut. Berikan kesempatan murid untuk bisa menjawab soal tersebut meskipun dalam waktu yang tidak sebentar juga merupakan cara yang bagus untuk diterapkan.

  1. Belajar secara Bertahap

Seorang guru mampu menjelaskan materi pelajaran secara bertahap, mulai dari yang sangat mudah hingga ke materi yang sulit dan dari yang berbentuk sederhana ke bentuk yang kompleks. Ajar murid secara kronologis melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang harus mereka tempuh dan kuasai. Hal itu dapat membuat murid lebih terarah dalam meningkatkan kemampuan mereka terhadap pelajaran yang Anda bawakan.

Beberapa kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif yang telah disebutkan diatas memungkinkan Anda untuk bisa lebih disenangi dan diidolakan oleh para murid yang akan Anda didik. Meskipun dalam penerapannya sedikit lebih sulit, namun tetap berusahalah untuk menjadi yang terbaik dalam profesi yang ditekuni. Bagi Anda yang ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kiat-kiat sukses menjadi guru ideal dan inovatif, Anda dapat menghubungi kami sebagai penyelenggara program belajar bahasa Inggris yang professional melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentinhousetraining@gmail.com .(SM)

www.excellentinhousetraining.com

Belajar Bahasa Inggris Cepat

Kiat-Kiat Sukses Menjadi Guru Ideal dan Inovatif

Terima kasih telah membaca artikel Kiat-Kiat Sukses Menjadi Guru Ideal dan Inovatif ini.

Post by excellent

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan les bahasa inggris untuk karyawan, hubungi Kami sekarang, Excellent in House Training, Alamat: Jl. Albezia VI blok B No. 22 Cipinang Kebembem Jaktim, Mobile phone: 087885296161, Email: excellentjaktim@gmail.com

Comments are closed.