How To Mix Business With Pleasure

How To Mix Business With Pleasure

Anda pernah melakukan pertemuan dengan klien di tempat selain di kantor? Misalnya di restoran, atau dalam perjalanan bisnis? Terkadang pertemuan bisnis perlu dilakukan di luar kantor untuk menjalin hubungan yang lebih erat tanpa adanya kesenjangan. Melakukan pertemuan bisnis di sebuh tempat yang lebih santai akan membuat diskusi Anda menjadi lebih terbuka dan berjalan dengan lancar. Anda juga akan dapat dengan baik memulai hubungan selain dalam dunia kerja. Mungkin jika bertemu dengan orang dari negara yang sama, Anda bisa menggunakan bahasa yang sama dan ada saatnya Anda tidak membicarakan masalah bisnis tapi hal-hal yang lebih santai. Tapi bagaimana jika klien Anda adalah orang asing? Apa Anda sudah siap bekomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Inggris dengan membicarakan hal-hal di luar pekerjaan? Perjalanan bisnis atau pertemuan dengan klie di restoran, kafe atau tempat hiburan pastinya akan membicarakan banyak hal seperti keluarga, isu terhangat atau tempat-tempat menarik layaknya berbicara dengan seorang teman.

Ini akan menjadi cara untuk Anda membuka jalan bekerjasama dengan klien apalagi mereka yang berasal dari negara lain. Akan tetapi, menggunakan bahasa universal atau bahasa Inggris dalam berkomunikasi juga tidak boleh sembarangan jika Anda berbicara dengan klien, ini untuk menghindari perasaan tidak enak atau merasa tersinggung dengan ucapan Anda.

Untuk mempermudah Anda menghadapi situasi tersebut, tentu Anda harus mengetahui topic-topik yang perlu dibahas bersama klien ketika tidak sedang membicarakan pekerjaan. Ada beberapa hal atau kalimat dalam bahasa Inggris yang baik untuk Anda gunakan ketika bertemu dengan klien asing. Artikel yang berjudul How To Mix Business With Your Pleasure ini akan memberikan beberapa informasi tentang hal ini pada Anda.

Bicara tentang bertemu klien diluar jam kerja, apa yang terpikirkan oleh Anda? Kira-kira kapan hal tersebut biasanya terjadi dan dimana? Ya pastinya lebih sering terjadi di restaurant dan pada malam hari atau bisa juga pada saat makan siang. Dalam hal ini, Anda dan klien berada pada situasi saat sedang makan. Apa yang biasanya Anda katakan ketika di restaurant? Ada beberapa kalimat yang dapat menjadi awal pembicaraan jika bertemu klien di restaurant, antara lain:

How To Mix Business With Your Pleasure

  • Have you been here before?
  • What an impressive place
  • What a fascinating place (ungkapan ini dan kalimat yang kedua merupakan tempat untuk memuji restaurant tersebut. Biasanya ini menjadi awal pembuka pembicaraan yang lebih santai)
  • What do you Italian people to eat for breakfast? (Ini sangat tepat digunakan jika Anda ingin menanyakan tentang budaya makanan yang ada di negara klien jika klien tersebut berasal dari Eropa atau dari negara lainnya)

Pertanyaan serta pernyataan di atas sangat baik digunakan untuk memulai pembicaraan dengan klien Anda. Ketika sedang makan, pastinya ada pembicaraan kecil untuk menghangatkan suasana sehingga pertemuan itu tidak terlihat serius karena pembicaraan bisnis.

  • This is the best Japanese restaurant (ini jika Anda yang mengundang klien ke tempat tersebut dan Anda mengenalkan pada klien tentang restaurant itu karena ingin membuat klien Anda terkesan dan menunjukkan padamereka bahwa Anda selalu memilih tempat yang terbaik)

Biasanya, percakapan yang terjadi ketika membahas tentang restaurant adalah tentang hal-hal umum mengenai makanan seperti makanan yang paling terkenal di negara masing-masing atau apa saja makanan yang disuka maupun yang tidak disuka. Maka untuk hal ini, ada beberapa pertanyaan atau pernyataan yang perlu Anda ketahui misalnya:

  • Do you like Mexican food?
  • Could you recommend something? (Ini dapat dikatakan jika Anda berada pada posisi menjadi tamu yang diundang ke restaurant tersebut dan tidak tahu nama-nama makanan di daftar menu karena menggunakan bahasa asing yang tidak Anda mengerti)

How To Mix Business With Your Pleasure

Terkadang, ada juga klien atau Anda sendiri yang ingin melakukan pertemuan di tempat olahraga. Biasanya para pebisnis suka mengikuti olahraga golf karena terlihat lebih high class dan olahraga ini bisa dilakukan sambil membicarakan tentang bisnis. Jika sudah berada di tempat seperti itu, maka Anda dapat menanyakan seputar olahraga favorit atau hal lain tentang dunia olahraga.

  • Do you play other sport?
  • What is your favourite sport?

Ada banyak topik yang dapat dibahas untuk membicarakan hal-hal yang lebih santai. Anda bisa membuka topik-topik umum seperti beberapa hal dibawah ini:

  • What do you think of the latest singing?
  • Do you like the new collection?
  • What do you like to do on weekend?

Setelah membicarakan topic umum, Anda dapat menanyakan beberapa hal seperti tentang keluarga. Pastinya Anda sudah mengetahui beberapa ungkapan di bawah ini:

  • Are you married?
  • Do you have any children?
  • How many children do you have?

How To Mix Business With Your Pleasure

Jika percakapan-percakapan ringan sudah tercipta maka suasana akan menjadi lebih hangat dan pembicaraan bisnis tidak akan terasa berat bagi Anda. Maka Anda dapat memulai kembali untuk membicaraka bisnis dengan mengatakan :

  • Let’s get down to business
  • On the note, have you considered our offer?
  • Let’s not beat around the bush
  • So, do we have a deal? (ungkapan ini bisa Anda tanyakan ketika Anda dan klien telah mendiskusikan untuk melakukan kerjasama dan tawar-menawar bisnis. Pada akhir pembicaraan Anda dapat menanyakan hasil akhir dair pertemuan tersebut.
  • Let’s shake on it (Ini ketika Anda dengan klien sudah menyepakati kerjasama yang akan dilakukan dan untuk membuat suasana menjadi lebih cair maka bisa menawarkan jabat tangan)

Membuat perjanjian atau melakukan deal dengan klien agar tertarik untuk melakukan kerjasama bisnis dengan Anda memang bisa dikatakan tidak mudah, apalagi jika mereka berasal dari negara lain. Tentu komunikasi menjadi hal utama yang perlu Anda kuasai karena jika tidak maka hubungan dengan klien akan kurang baik dan sering terjadi salah paham. Karena itu Anda perlu mengetahui trik-trik berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk membuat kesepakatan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadi penunjang Anda belajar bahasa Inggris. Bagi Anda yang ingin memperdalam bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia kerja dan ingin tahu informasi mengenai program pelatihan atau les privat bahasa Inggris di lembaga kami, dapat menghubungi kami sebagai penyedia jasa guru privat terbaik melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161 atau dapat mengirim email melalui alamat email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

 

How To Mix Business With Your Pleasure

How To Mix Business With Your Pleasure

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca artikel How To Mix Business With Your Pleasure ini .

 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris gratis via Whatsapp, silahkan bergabung dengan grup online lembaga kami dengan meng-klik link ini http://bit.ly/2tOCWM3

Tunggu apa lagi, ayo segera bergabung sekarang !!!

www.excellentinhousetraining.com

https://m.youtube.com/watch?t=64s&v=nRM3l-Kw9_4