How to Get People to Say Yes

Oct 07, 2017

excellent

blog

0

How to Get People to Say Yes

Dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, kita pasti selalu mengajukan permintaan atau pun memohon izin kepada orang lain.

Bagaimana cara Anda meminta sesuatu kepada seseorang agar orang tersebut dapat menyetujui permintaan Anda?

Jika menghadapi keluarga atau teman, mungkin Anda dapat melakukan berbagai cara dan menggunakan komunikasi tidak formal yang dapat diterima oleh mereka. Lalu bagaimana jika Anda membuat permintaan atau meminta izin pada atasan Anda, rekan kerja, maupun orang asing yang tidak begitu dekat dengan Anda?

Anda tentu tidak boleh menggunakan bahasa yang sembarangan, belum lagi jika dikelilingi oleh orang asing yang menjadi atasan maupun rekan kerja Anda atau bisa jadi mereka adalah teman Anda.

Bahasa apa yang akan Anda gunakan untuk mengajukan permintaan kepada orang asing? Ya tentu saja bahasa universal yang umum digunakan di dunia sebagai alat komunikasi yaitu bahasa Inggris.

Bingung bagaimana bahasa Inggris yang baik digunakan untuk mengajukan permintaan?  Berikut ini ada beberapa kalimat How to Get People to Say Yes yang baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia pekerjaan.

Tahukah Anda? Bahasa sebagai alat komunikasi berkaitan dengan psikologi? Kenapa? Karena semakin baik bahasa yang Anda gunakan dalam berkomunikasi, semakin baik juga seseorang yang Anda ajak bicara dapat menerima apa yang Anda katakana. Jadi berbahasa tidak boleh sembarangan, jika perkataan Anda salah atau tidak sopan maka itu akan berakibat menyinggung perasaan lawan bicara terlebih jika Anda meminta sesuatu dengan cara tidak sopan, lawan bicara Anda akan secara langsung mengatakan Tidak!

How to Get People to Say Yes

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengajukan permintaan kepada orang lain. Apa saja itu? Mari simak yang satu ini.

      Bahasa —— Psikologi   (bahasa sangat erat kaitannya dengan psikologi)

  • Polite Request Effective Requests
  • Relationship Family, Colleagues, Stranger
  • Difficulty                    Time, Effort, Money, etc
  • Size Small, Medium, Big

 

Polite Request

Dalam berbahasa, kesopanan adalah hal yang sangat penting karena kita perlu mengetahui siapa yang kita hadapi sebagai lawan bicara. Tingkatan kesopanan akan memberikan arti yang berbeda kepada lawan bicara yang berbeda sehingga Anda perlu mencari bahasa yang efektif untuk dapat digunakan dalam mengajukan permintaan. Dalam hal ini, psikologi sangat erat kaitannya dengan bahasa karena psikologi akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengajukan permintaan dengan menggunakan bahasa yang efektif sehingga orang akan mudah menyetujui permintaan Anda.

Relationship

Dalam bahasa, Anda perlu mengetahui kepada siapa Anda akan berbicara dan sejauh mana hubungan (relationship) Anda dengan lawan bicara. Apakah orang itu keluarga Anda, rekan kerja di kantor, bos Anda, ataupun orang asing yang baru beberapa waktu Anda kenal. Cara berbicara yang akan Anda sampaikan kepada orang lain sangat berbeda sesuai dengan kedekatan yang terjalin antara Anda dengan orang yang Anda ajak bicara. Untuk itu perlu diperhatikan gaya bahasa yang akan Anda sampaikan untuk mengajukan permintaan kepada mereka.

Difficulty

Tingkat kesulitan sebuah permintaan juga perlu diperhatikan dalam pembahasan mengenai How to Get People to Say Yes. Ini sangat penting sebagai pertimbangan seseorang dapat menerima permintaan Anda tersbeut atau tidak. Anda perlu memperhatikan seberapa besar orang tersebut akan memenuhi permintaan Anda. Contohnya, Anda tidak mungkin meminjam uang kepada seorang teman yang tidak memiliki uang sama sekali karena dia pasti tidak akan memenuhi permintaan Anda. Atau ketika Anda di jalan dan ingin menanyakan jam berapa saat itu, tentu Anda harus menanyakan hal tersebut kepada seseorang yang memiliki jam atau alat penunjuk waktu.

Size

Tingkatan permintaan kepada seseorang juga perlu diperhatikan sebelum Anda mengajukan suatu permintaan kepada seseorang. Maksud ukuran permintaan hampir sama dengan level difficulty, akan tetapi dalam hal ini Anda harus memperhatikan sejauh mana si lawan bicara mampu memenuhi permintaan Anda dan kepada siapa Anda mengajukan permintaan tersebut. Tingkatan permintaan dapat dibagi menjadi 3 tingkat. Berikut ini contoh kalimat permintaan yang sesuai dengan tingkatan permintaan itu.

Small Request (Langsung, Tidak formal, Singkat)

 

Small Request umumnya bersifat langsung dan tidak formal, ini biasanya diucapkan kepada teman dekat ataupun keluarga dan juga pola bahasanya sangat ringan dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Contoh :

  • Can I go now?
  • Got $ 25?

Medium Request (Sopan, formal, standar)

Pada level permintaan ini sudah diucapkan dengan kata-kata yang sopan dan mengarah pada ungkapan formal dengan permintaan yang standar atau bisa dikatakan orang tersebut kemungkinan mampu memenuhi permintaan yang standar tersebut. Anda bisa mengucapkannya pada rekan kerja yang cukup dekat dengan Anda

Contoh :

  • Do you think I could leave now?
  • Could you please lend me $45?

Coba perhatikan, ada kata could pada dua contoh di atas. Ini menandakan bahwa kata could adalah salah satu kata yang diucapkan dalam kalimat formal dan sangat cocok untuk sebuah ungkapan permintaan.

Big Request (Sopan, Sangat Formal, Sangat Panjang)

Pada materi How to Get People to Say Yes ini, tingkatan akhir dan cukup sulit adalah Big Request. Dalam tingkatan ini, bahasa yang akan digunakan akan sangat formal dan tentunya sopan serta dengan ucapan yang tidak singkat. Ini biasa digunakan jika Anda mengajukan permintaan kepada atasan atau rekan bisnis untuk melakukan kerja sama atau kepada teman yang jarak hubungan yang terjalin tidak terlalu dekat tetapi Anda meyakini bahwa permintaan yang Anda ajukan mampu dipenuhi oleh orang tersebut karena termasuk permintaan yang besar.

Contoh :

  • I was wondering if it could be possible for me to leave early?
  • I hope you don’t mind my asking but could I please borrow $500?

Dalam bidang psikologi, ada hal yang paling penting ketika Anda mengajukan sebuah permintaan baik itu dari berbagai tingkatan maupun kepada siapa Anda mengajukan permintaan. Apa itu? Yaitu memberikan alasan yang kuat dari permintaan yang akan diajukan. Kata because dan alasan yang tepat setelah permintaan yang diajukan adalah hal yang sangat penting sehingga seseorang dapat mengerti hal tersebut.

Contoh :

I was wondering if it could be possible for me to leave early, because I must              accompany my mother to see doctor

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan pada materi How to Get People to Say Yes, ketika Anda mengajukan permintaan. Bagi Anda yang ingin memperdalam bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia kerja dan ingin tahu informasi mengenai program pelatihan atau les privat bahasa Inggris di lembaga kami, dapat menghubungi kami sebagai penyedia jasa guru privat terbaik melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161 atau dapat mengirim email melalui alamat email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

How to Get People to Say Yes

How to Get People to Say Yes

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah membaca artikel  How to Get People to Say Yes ini.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris gratis via Whatsapp, silahkan bergabung dengan grup online lembaga kami dengan meng-klik link ini http://bit.ly/2tOCWM3

Tunggu apa lagi, ayo segera bergabung sekarang !!!

www.excellentinhousetraining.com

 

Post by excellent

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan les bahasa inggris untuk karyawan, hubungi Kami sekarang, Excellent in House Training, Alamat: Jl. Albezia VI blok B No. 22 Cipinang Kebembem Jaktim, Mobile phone: 087885296161, Email: excellentjaktim@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *