8 Cultural Differences between Native Speakers and English Learners

Oct 06, 2017

excellent

blog

0

8 Cultural Differences between Native Speakers and English Learners

Bicara mengenai budaya (culture) tidak akan jauh dari ciri khas suatu bangsa, negara, maupun provinsi yang menjadi kebiasaan mereka karena telah mengakar dalam diri masing-masing. Mempelajari sebuah bahasa baik itu bahasa nasional negara kita maupun bahasa asing dari berbagai negara tentunya akan memperlajari budaya berbahasa mereka. Ini selalu terjadi dan juga akan menjadi bagaimana cara seseorang berbicara. Budaya juga menjadi sebuah cara untuk mengungkapkan perasaan maupun pendapat kepada orang lain.

Sebagai negara yang semakin maju baik itu dalam bidang ekonomi maupun politik di dunia internasional, masyarakat Indonesia selalu mencari cara untuk menjalin hubungan baik dengan orang asing baik itu yang tinggal di negara Indonesia untuk berbagai tujuan seperti bisnis, mencari pekerjaan, menempuh pendidikan, juga berwisata, atau dengan orang asing yang tinggal di luar negeri. Hal utama yang orang Indonesia lakukan adalah dengan mempelajari bahasa internasional yang sering menjadi alat komunikasi antar negara, yaitu bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris pastinya tidak hanya memperlajari bahasanya saja tetapi juga budaya serta kebiasaan berbahasa orang asing yang perlu diketahui untuk menjadikan hubungan semakin baik.

Dalam hal ini, sebagai negara Indonesia yang banyak dikunjungi penduduk asing dari berbagai negara, kita sudah seharusnya mencoba mengenal budaya yang ada di beberapa negara yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia, seperti beberapa negara di Asi dan juga di Eropa maupun Amerika.

Tahukah Anda, walaupun orang Asia mampu berbahasa Inggris dengan baik, mereka bukanlah penutur asli seperti orang Inggris, Kanada, maupun Amerika. Pastinya, budaya yang mereka miliki juga sangat berbeda karena mereka hanya orang-orang yang belajar bahasa Inggris. Ada beberapa perbedaan yang dimilki antara orang Barat (yang notabennya adalah orang Eropa dan Amerika) dengan orang Timur (yaitu orang Asia) yang tergabung dalam topic 8 Cultural Differences between Native Speakers and English Learners

Apa saja itu?

Dengan mengetahui karakter budaya mereka, Anda akan tahu cara menghadapi orang asing dan bagaimana berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Inggris dengan mereka yang datang dari berbagai negara

8 Cultural Differences between Native Speakers and English Learners

NoBaratTimur
1Respect is earnedRespect is given due to hierarchy
2Open debate is encouragedOpen debate and cooperation is avoided
3Individual success and material success matterSuccess is group success
4Vocal LeadershipLeadership is silent
5Law more important than relationshipsRelationship more important than the letter of law
6Recent accomplishments importantLong past history is important
7Result matterEffort and intention matter
8Exact timeRelative time

Dapat dilihat perbedaan yang sangat jauh antara orang Barat dengan orang Timur, kenapa? Karena kebiasaan sehari-hari yang mereka lakukan.

Dalam budaya Barat, seseorang akan dihargai karena usaha yang telah mereka lakukan. Itu sebabnya dalam 8 Cultural Differences between Native Speakers and English Learners, hal pertama yang menjadi ciri khas orang Barat adalah respect is earned.  Anda akan dihargai jika Anda melakukan sesuatu yang terbaik contoh dalam pekerjaan, jika Anda melakukan tugas dengan baik dan bekerja keras maka Anda akan dihargai oleh banyak orang. Beda halnya dengan orang Timur yang mementingkan kedudukan agar dihargai seseorang. Jika Anda seorang dengan jabatan yang tinggi, maka Anda akan dihargai oleh banyak orang.

Orang Barat sangat menyukai keterbukaan, mereka akan dengan langsung menanyakan sesuatu yang tidak sesuai dengan pendapat mereka jika hal tersebut tidak disukai. Open debate is encouraged, Orang Barat akan secara terbuka memberikan penjelasan dengan berdialog maupun berdebat. Lain dengan orang Timur yang sering menghindari kerjasama dan debat terbuka. Jika ada sesuatu yang tidak beres, mereka akan melakukannya secara tertutup atau pribadi. Selain itu, Individual success adalah hal penting bagi orang Barat. Kesuksesan mereka terjadi karena usaha yang mereka lakukan sendiri. Orang Timur berpendapat bahwa kesuksesan adalah hasil untuk kesuksesan bersama, mereka akan mengaitkan ini dengan keluarga bahkan lingkungan sekitar.

Masalah kepemimpinan, orang Barat lebih banyak berbicara dalam memimpin atau bisa dibilang sangat kritik terhadap apapun yang terjadi dalam tim mereka. Lain halnya denga orang Timur yang hanya diam dan memperhatikan kinerja kerja timnya. Dan lagi, bagi orang Barat, law is more important than relationships, hukum lebih penting daripada hubungan. Kekuatan hukum disana sangat besar dan tindakan yang dilakukan juga tegas, jadi jika menjalin kerjasama harus jelas legalisasinya. Hal ini tidak untuk orang Timur yang lebih mementingkan hubungan kekerabatan dibandingkan surat perjanjian hukum. Bagi mereka, setelah berjabat tangan dan saling kenal satu sama lain, mereka dapat mempertimbangkan banyak hal dan hokum tidak terlalu penting.

Bagi orang Barat, usaha yang telah dilakukan hari ini adalah hal yang penting tidak peduli seberapa buruknya orang itu di masa lalu. Berbeda dengan orang Timur yang menjadikan masa lalu menjadi tolak ukur untuk masa yang akan datang. Seberapa baiknya dia bekerja hari ini, jika masa lalu dia tidak baik, itu akan menjadi masalah. Dan juga hasil akhir adalah masalah penting bagi orang Barat, jika seseorang melakukan kesalahan fatal yang tidak disengaja, mereka tidak akan memedulikan alasan karena yang terpenting adalah hasil akhir dari kejadian tersebut. Orang Timur tidak beranggapan demikian, mereka akan melihat usaha yang telah dilakukan walaupun hasil akhirnya tidak baik.

Dan satu lagi yang menjadi perbedaan mencolok antara orang Barat dengan orang Timur adalah masalah waktu. Umumnya, orang Barat sangat dikenal dengan hal ketepatan waktu, jika membuat janji pada jam 12 tepat, maka janji itu harus jam 12 tepat tidak boleh kurang atau lebih. Lain halnya dengan orang Timur, waktu yang dipakai adalah antara waktu yang tepat dan waktu yang mendekati tepat. Walaupun terlambat 5 menit, itu masih bisa ditoleransi selama itu masih mendekati angka 12. Ini bukan berarti orang Timur tidak tepat waktu, tidak semua dari mereka seperti itu.

Itulah 8 Cultural Differences Between Native Speakers and English Learners yang membedakan orang Barat dan Timur, dan semoga ini akan menjadi jalan untuk kita menjalin hubungan dengan orang asing. Bagi Anda yang ingin memperdalam bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia kerja dan ingin tahu informasi mengenai program pelatihan atau les privat bahasa Inggris di lembaga kami, dapat menghubungi kami sebagai penyedia jasa guru privat terbaik melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161 atau dapat mengirim email melalui alamat email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

8 Cultural Differences Between Native Speakers and English Learners

8 Cultural Differences Between Native Speakers and English Learners

 

 

Terima kasih telah membaca artikel  8 Cultural Differences Between Native Speakers and English Learners ini.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris gratis via Whatsapp, silahkan bergabung dengan grup online lembaga kami dengan meng-klik link ini http://bit.ly/2tOCWM3

Tunggu apa lagi, ayo segera bergabung sekarang !!!

www.excellentinhousetraining.com

 

Post by excellent

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan les bahasa inggris untuk karyawan, hubungi Kami sekarang, Excellent in House Training, Alamat: Jl. Albezia VI blok B No. 22 Cipinang Kebembem Jaktim, Mobile phone: 087885296161, Email: excellentjaktim@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *